Cara menambahkan driver sata hardisk di cd windows xp

Berbagai pc laptop dan pc desktop baru yang sekarang ini ada dipasaran menggunakan harddisk sata. Masalah kadang timbul ketika ingin menginstall OS Windows XP pada pc tersebut karena CD Installasi XP tidak dilengkapi dengan driver sata yang mengakibatkan terjadi Blue Scree Of Death (BSOD) pada saat booting CD Installasi XP.

Beberapa motherboard, pada setting bios terdapat opsi untuk merubah compatibility drive satanya. Selain itu dapat juga dengan menggunakan floppy disk (disket) yang diisi dengan driver sata motherboard. Tapi bagaimana dengan laptop yang tidak dilengkapi dengan floppy disk? Apalagi saat ini floppy disk sudah dianggap ketinggalan jaman. Untuk itu pada CD Installasi XP harus ditambahkan driver sata agar harddisk sata dapat terbaca saat proses installasi.

Langkah 1 : Download dan Install nLite
nLite merupakan program yang digunakan untuk memodifikasi CD Installasi XP. Selain untuk menambahkan driver sata dapat juga digunakan untuk menghilangkan fitur-fitur XP yang tidak diperlukan sehingga resource harddisk space yang dibutuhkan lebih kecil.
Download nLite terbaru di link ini. DOWNLOAD nLite
nLite membutuhkan .NET Framework. Kalau pada saat installasi nLite ditanyakan .NET Framework bisa di download di sini.

Langkah 2 : Download SATA Driver

Selain nLite tentunya kita membutuhkan driver SATA yang akan di tambahkan pada CD Installasi XP. Driver sata setiap motherboard berbeda-beda. Untuk mendownloadnya silahkan cari di website Intel. Atau bisa juga mencoba driver yang compatible dengan hampir semua motherboard di link ini. DOWNLOAD Sata Ahci Driver

Update 14 July 2010:
DOWNLOAD Sata Ahci Driver

Langkah 3 : Masukkan CD XP dan Jalankan nLite
Setelah semua tools di download masukkan CD XP kemudian jalankan program nLite. Browse dan arahkan ke lokasi dimana drive CD XP. Kemudian pilih lokasi folder yang akan digunakan sebagai temporary proses nLite.


Langkah 4 : Menambahkan Driver Sata
Klik next hingga window Task Selection muncul. Ceklis Drivers dan Bootable ISO untuk membuat ISO image file. (Ceklis ditandai dengan dot berwarna hijau di sebelah kiri).
Klik next kemudian pada windows Drivers klik Insert -> Multiple Driver Folder kemudian pilih lokasi dimana folder driver Sata yang tadi di download (ekstrak terlebih dahulu). Klik All kemudian klik OK. Di kotak "Text mode integration options" select semua driver yang ada dengan menggunakan shift. Kemudian klik next.


Langkah 5 : Membuat ISO File
Setelah langkah diatas akan muncul prompt untuk memulai proses. Setelah proses selesai klik Make ISO untuk membuat file ISO. File iso ini dapat digunakan dengan menggunakan Nero untuk di burn ke CD.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info Teknologi / Tips Windows dengan judul Cara menambahkan driver sata hardisk di cd windows xp. Jika kamu suka, like dan bagikan keteman-temanmu. Terima kasih! by : Download Software Gratis
Ditulis oleh: Admin Web - Selasa, 18 Januari 2011

Belum ada komentar untuk "Cara menambahkan driver sata hardisk di cd windows xp"

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar Sobat, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link mati, dan jika ada saran untuk kemajuan blog ini, silahkan tulis komentar dibawah ini.... Komentar Sobat sangat berarti bagi saya...

Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email/Kosongin)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar

Komentar "ANONIM" tidak akan saya respon, jika tidak memiliki ID ketik manual saja Nama Sobat Agar bisa lebih bersahabat.

Ingin masuk kesini lagi agar tidak sulit cukup ketik di google
-{ iyenkrasta }-